Friday, July 20, 2012

Cinta atau Nafsu, Bagaimana Membedakannya?
Jumat, 20 Juli 2012
Renny Y. Adystiani

Pertanyaan ini kerap muncul saat seseorang merasakan ketertarikan dengan orang lain. Apakah perasaan ini didasari oleh cinta atau sekedar nafsu belaka? Agar tak terjebak dengan cinta palsu, perhatikan perbedaan antara keduanya berikut ini.

1. Mengenal satu sama lain
Pasangan yang menjalin hubungan dengan didasari cinta akan mengenal satu sama lain secara mendalam. Walau belum lama menjalin hubungan, rasanya sudah seperti kenal bertahun-tahun. Itulah yang disebut dengan chemistry, kecocokan yang terasa di antara pasangan yang saling mencintai satu sama lain. Lain lagi dengan hubungan yang hanya didasari oleh hasrat dan birahi. Tidak adanya perasaan cinta, seseorang cenderung enggan membuka diri kepada pasangannya, sehingga satu sama lain pun terasa asing. Hanya mengenal dari permukaan, tidak secara mendalam.

2. Keterbukaan
Saat seseorang jatuh cinta, dia akan rela seluruh rahasianya terbongkar, bahkan rahasia paling kelam sekalipun. Cinta yang tulus lazimnya dibarengi dengan kepercayaan penuh dan keterbukaan. Sebaliknya, jika si dia enggan terbuka pada Anda dan banyak menyimpan rahasia (atau bahkan Anda tidak tahu dimana dia sekarang dan apa sedang dilakukannya!), mungkin hubungan ini tidak didasari rasa cinta.

3. Friends with benefits
Masih ingat dengan film Friends with Benefits yang dibintangi Justin Timberlake dan Mila Kunis? Dalam film itu, keduanya dikisahkan sebagai sepasang sahabat yang kerap berhubungan seks, namun enggan meningkatkan hubungan ke jenjang lebih tinggi. Apakah hubungan Anda dan pasangan seperti ini? Adakah kedekatan lain bersama pasangan ketimbang sekedar berhubungan intim?

4. Foreplay
Foreplay menjadi bagian penting dalam berhubungan intim, karena dapat membuat Miss V terasa nyaman dan tidak sakit saat penetrasi. Bukan cuma itu fungsinya. Foreplay juga menentukan apakah hubungan Anda dan pasangan benar-benar didasari rasa cinta atau nafsu semata. Jika pasangan enggan berlama-lama foreplay, besar kemungkinan si dia hanya mengincar seks. Karena absennya sesi foreplay menunjukkan si dia hanya mengincar menu utama. Padahal mengeksplorasi tubuh pasangan menjadi salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta dan rasa memiliki.

5. Dominan
Pasangan selalu ingin dipuaskan tanpa pernah memikirkan apakah Anda juga puas atau tidak? Dominasi dan sifat egois saat bercinta juga menjadi tanda bahwa pasangan hanya mengincar seks dan mengandalkan nafsu saja. Jika benar-benar cinta, pasangan akan memastikan bahwa Anda pun puas dalam sesi hubungan intim yang baru saja usai.

http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/psikologi/56469--cinta-atau-nafsu-bagaimana-membedakannya.html


......

Cinta atau nafsu: Otak Anda bisa membedakannya
Jumat, 22 Juni 2012
Reporter: Kun Sila Ananda

Apakah yang Anda rasakan adalah cinta, atau hanya sekedar nafsu? Tak ada yang bisa menjawabnya lebih tepat dari otak Anda. Karena bagi otak Anda, kedua perasaan ini membutuhkan bagian yang berbeda untuk bekerja.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Sexual Medicine menganalisa 20 penelitian yang berkaitan dengan efek seks dan cinta pada tubuh. Penelitian ini termasuk scan otak beberapa relawan yang diminta untuk melihat foto erotis, foto orang yang mereka sayangi, makanan, dan hal lain yang memicu kesenangan.

Dua bagian otak, insuma dan striatum, adalah yang bertanggung jawab untuk membedakan antara keinginan seksual dan perasaan cinta. Nafsu akan memicu bagian otak yang mengontrol bagian yang berkaitan dengan kesenangan. Kesenangan ini berkaitan dengan seks dan makanan. Namun cinta dan perasaan sayang memicu bagian otak yang lain, yang berhubungan dengan kebiasaan.

"Kami melihat adanya perbedaan bahasa antara cinta, keinginan seksual, dan kecanduan," kata Jim Pfaus, profesor bidang psikologi di Concordia University, Montreal. "Namun, semua hal itu diproses pada tempat yang sama. Ketika kita mempertimbangkan hal ini, ide mengenai cinta pada pandangan pertama bisa jadi tidak benar. Orang hanya merasakan keinginan dan ketertarikan seksual."

Otak memperlakukan perasaan cinta seperti kebiasaan yang telah dibangun dalam waktu yang lama. Sehingga, setelah nafsu mungkin akan muncul cinta. Ketika cinta muncul, perasaan itu akan dibawa ke bagian yang berbeda di otak yang memproses kebiasaan dan membuat sebuah bentuk. Bentuk yang ada hampir serupa dengan ketika seseorang menjadi pecandu obat-obatan.

"Perubahan dari ketertarikan seksual pada cinta adalah mekanisme keterikatan dalam hubungan," kata Pfaus, seperti dilansir oleh ABC News.

Ilmuwan menjelaskan bahwa mekanisme yang dimiliki oleh otak ini berkaitan dengan monogami dan berbagai macam jenis hubungan. Pfaus mengatakan bahwa mekanisme ini mengaktifkan kebutuhan untuk melindungi ketertarikan pada anak atau kekasih.

"Jadi sebenarnya, kecanduan, sama seperti cinta, adalah bentuk mekanisme wajar yang bisa dimiliki otak," kata Pfaus. "Penelitian ini bisa membuat kita mengerti mengenai kecanduan, cinta, dan penemuan dalam bidang neuroscience lainnya."

http://www.merdeka.com/sehat/cinta-atau-nafsu-otak-anda-bisa-membedakannya.html

...

Ketahui Perbedaan Antara Cinta dan Nafsu
Rabu, 01/09/2010 15:20 WIB
Kiki Oktaviani - wolipop

Jakarta - Saat gelora cinta membara, disana juga terdapat nafsu yang tak kalah berkobar. Namun cinta dan nafsu bisa dibedakan melalui perasaan.

Jika perasaan menggebu-gebu dan panas dalam tubuh meningkat itu berarti nafsu. Sedangkan cinta merupakan rasa ingin melindungi dan menyayangi. Jika masih bingung, lihat penjelasan di bawah ini.

Ciuman
Sebuah ciuman di kening, pipi atau kecupan di bibir menjadi hal biasa. Ini merupakan tanda cinta yang sering ditunjukan untuk orang terkasih.

Namun bila sebuah ciuman di bibir menjadi terlalu hot hingga melibatkan lidah,ini bukan berarti lagi tanda kasih, nafsu lebih mendominasi.

Pelukan
Pelukan yang dilandasi rasa sayang bisa dilihat dari bagaimana pasangan memeluk Anda. Bila ia ingin benar-benar mengasihi orang yang disayangnya, tangannya akan mantap memeluk pundak atau pinggang bagian bawah.

Jika si dia sudah memainkan tangannnya dengan meraba-raba pinggul atau mulai masuk ke dalam baju untuk meraba punggung Anda, lain cerita bukan?

Rangkul
Rangkulan di pundak atau pinggang dari si dia tentunya membuat Anda merasa nyaman. Namun, hati-hati dengan (lelaki) yang mempunyai tangan nakal, ia tak seganuntuk meraba-raba mulai dari bagian pinggang bawah sampai bagian samping payudara dan mencari celah untuk menyentuhnya.

Leher
Seorang pria, tak segan melakukan kecupan manis di leher sebagai tanda bahwa ia memuja seorang wanita. Namun bila sebuah kecupan di leher beralih menjadi jilatan dan gigitan kecil, pastinya si dia tak menginginkan cinta namun hanya nafsu semata.

http://wolipop.detik.com/read/2010/09/01/152032/1432879/852/ketahui-perbedaan-antara-cinta-nafsu

...


Cara Membedakan Cinta dan Nafsu
Sunday, October 16, 2011

Membedakan cinta dengan Nafsu memang mempunyai kesulitan tersendiri. Kita sering kali terperangkap dalam kebingungan karena kesulitan untuk memastikan apakah yang kita alami atau kita rasakan benar-benar cinta atau hanya nafsu belaka.

Hal ini karena kita sudah terlanjur terkotori dan terbiasa melihat hidup melalui lensa yang terdistorsi. Contohnya adalah ketika kita tidak bisa mempercayai bahwa ada yang menyayangi kita sungguh-sungguh dan tulus.

Lalu bagaimana membedakan Cinta dan Nafsu? Berikut ini beberapa perbedaan yang dapat membantu anda mengetahui yang sebenarnya.

Cinta sejati tidak akan mempermainkan.
Ketika seseorang mencintai kamu dengan tulus, dia akan menghargai dan menghormati dirimu dan tidak akan mempermainkanmu

Cinta menerima diri Anda apa adanya.
Ya, Benar. Cinta akan memampukan seseorang menerima Anda apa adanya, termasuk dengan segala kekurangan pada diri kamu.

Cinta tidak pernah Bosan.
Nah, yang satu ini memang sulit, tetapi jika memang cinta, tentunya tidak akan mengenal kata bosan

Demikian beberapa indikasi cinta sejati yang bisa kamu pakai mengetahui apakah perasaan ini benar-benar cinta atau hanya nafsu saja.

http://warungkopi.anakblog.com/2011/10/cara-membedakan-cinta-dan-nafsu.html


...

5 Perbedaan cinta dan nafsu
Ini dia 5 Perbedaan cinta dan nafsu. Cara mudah membedakan cinta dan nafsu agar tidak terkecoh. Sering sekali kita mendengar ada orang bertanya "apa perbedaan antara cinta dan nafsu?". "Bagaimana membedakan antara cinta dan nafsu?'. atau yang lebih parah "cinta dan nafsu itu sama nggak sih?"
Bagi sebagian orang, mereka mengatakan cinta dan nafsu itu sama saja. Tapi tidak menurut saya. Buat saya pribadi cinta dan nafsu jelas dua hal yang berbeda. Meski perbedaannya sangat tipis, mungkin itu yang membuat orang sering terkecoh, tidak bisa membedakan mana nafsu, mana cinta..?
Lalu apa sebenarnya perbedaan antara nafsu dan cinta..?

5 Perbedaan antara cinta dan nafsu:

1. Cinta itu membahagiakan, Nafsu itu membahaykan
Cinta yang sebenarnya selalu menunjukkan jalan atau arah menuju kebahagiaan bagi orang-orang yang menjalaninya. Seorang pecinta yang sudah menemukan dan memahami makna cinta sejati dalam dirinya akan berada pada kondisi yang membahagiakan. Sebaliknya, orang-orang yang terkecoh dengan nafsu dan menganggap nafsu adalah cinta akan berada dalam kondisi yang membahayakan. Kita tidak bisa memungkiri, di mana ada kebaikan, di situlah setan menggoda manusia agar terjerumus ke dalam keburukan.
Cinta dan nafsu seperti dua sisi dari mata uang yang sama. Cinta adalah sisi positif, nafsu adalah sisi negatif dan uang itu adalah hubungan. Seseorang yang mencintai pasangannya dengan sebenar-benarnya cinta akan mengarahkan hubungannya menuju kebahagiaan sejati dengan cara menjaga dan menyayangi pasangannya. Tanpa bermaksud untuk merusak dan menyakiti. Lain halnya dengan orang-orang yang menjalin hubungan dengan landasan nafsu, mereka akan membawa hubungannya kearah kebahagiaan yang semu dan hanya berorientasi pada fisik, dalam hal ini sex. Yang justru akan menjerumuskan mereka ke dalam situasi yang membahayakan.
Coba deh, kita meluangkan waktu untuk berfikir sejenak. Apakah hubungan yang sedang kita jalani dengan pasangan sekarang ini berorientasi pada kebahagiaan sejati atau hanya kebahagiaan duniawi yang semu..? Hanya kamu yang tahu jawabannya.

2. Cinta bikin kita ketawa, Nafsu bikin kita kecewa
Kalau diibaratkan hubungan seperti sawah, maka cinta adalah padi dan nafsu adalah rumput liar. Nah, ketika ketika seseorang menanam padi (cinta) di sawah (hubungan) maka secara otomatis akan tumbuh juga rumput liiar (nafsu). Kalau orang itu sudah mengetahui dan memahami apa itu padi (apa itu cinta), maka dia akan segera memangkas rumput liar itu (nafsu) yang tumbuh di sawahnya (hubungan). Ketika tiba masa panen, orang ini akan menuai hasil sawahnya (hubungan) yang ditanami padi (cinta) itu tadi berupa buah padi (kebahagiaan). Lain dengan orang-orang yang terkecoh yang menyangka rumput liar (nafsu) sebagai padi (cinta). Mereka akan memelihara rumput liar (nafsu) dan tanaman padinya (cinta) akan mati. Pada saat panen, tentu yang mereka dapat hanyalah sekarung rumput liar (nafsu) yang tidak enak dimakan (kekecewaan).
Di sinilah kita perlu brtanya kepada hati kita sendiri, apakah hubungan yang kita jalani dengan pasangan sudah bisa membuat kita ketawa atau hanya serangkaian kekecewaan yang kita dapat..? Kalau yang kita dapat hanya kecewa dan kecewa, ada baiknya untuk kita mengkaji ulang, apakah apakah hubungan yang kita jalani berlandaskan cinta atau nafsu..?

3. Cinta selalu ingin memberi, Nafsu hanya ingin diberi
Saya rasa maksud dari poin ketiga ini sudah jelas. Cinta adalah memberi. Ketika seseorang menjalin hubungan atas dasar cinta maka hal pertama yang dilakukannya adalah memberikan yang terbaik kepada pasangannya, bukan ingin diberi. Logikanya, kalau kita dan pasangan sama-sama ingin memberi (kita ingin memberi kepada pasangan dan pasangan ingin memberi kepada kita) secara otomatis keduanya akan menerima. Tapi kalau kita dan pasangannya inginnya diberi (pasangan ingin diberi dan kita juga ingin diberi) lalu siapa yang akan memberi..? Pada akhirnya yang terjadi justru tidak ada yang akan diberi karena tidak ada yang ingin memberi. Coba dipikirkan lagi..!

4. Cinta ingin menyayangi, Nafsu ingin menggerayangi
Hayo...!!!!
Bagaimana cara kamu memperlakukan pasanganmu?
Dan bagaimana cara pasanganmu memperlakukan kamu?
Ini adalah cara termudah untuk membedakan mana cinta, mana nafsu..?
Landasan seseorang dalam menjalin hubungan akan sangat menentukan pada bagaimana cara orang tersebut memperlakukan pasangannya. Orang yang menjalin hubungan dengan landasan cinta akan senantiasa memperlakukan pasangannya dengan cara-cara yang baik. Menjaga, menyayangi, memperhatikan dan selalu memberikan yang terbaik. Sebaliknya orang orang yang menjalin hubungan karena nafsu cenderung memperlakukan pasangan ke arah fisik. Setiap kali bertemu, inginnya menciumi dan diciumi, setiap kali berdua inginnya dipeluk dan memeluk, digerayangi dan menggerayangi, dan yang lebih parah lagi kalau sampai kearah hubungan sex. Waaaah..., bahaya, bahaya...!!!

5. Cinta yang terbaik, Nafsu yang terbalik
Cinta selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, berusaha memberikan yang terbaik untuk pasangan dan selalu memperlakukan pasangan dengan cara-cara yang baik. Bagaimana dengan nafsu..? Sebaliknya, nafsu

Nah, semoga bahasan diatas bisa memberi kita sedikit gambaran mengenai selalu ingin diberi dan cenderung memperlakukan pasangan ke arah yang menyesatkan. perbedaan antara nafsu dan cinta. Sehingga kita semua tidak terjerumus kedalam hubungan yang penuh nafsu.

http://1puisi.blogspot.com/2009/11/ini-dia-5-perbedaan-cinta-dan-nafsu.html

...

Perbedaan Antara Cinta dan Nafsu.

Banyak faktor yang membuat rasa cinta tumbuh. Seiring dengan perjalanan cinta, rasa cinta dan nafsu pun susah dibedakan. Jadi bagaimana Anda tahu apakah itu cinta atau nafsu

Seorang Antropolog dari Rutgers University, Professor Helen Fisher, menjelaskan cinta dan nafsu itu berbeda. Nafsu dapat muncul seiring perjalanan cinta. Fisher mengatakan, antara cinta dan nafsu ada komponen emosional dan fisiologis yang berbeda. Romantisme dan perasaan cinta seseorang mendorong dopamin dan kadar serotonin, yang menyebabkan perasaan gembira dan hilangnya nafsu makan.

Ketika kita sampai ke titik perasaan tersebut dan makin panjangnya jangka percintaan, tubuh kita menghasilkan lebih banyak oxytocin (dikenal sebagai “hormon cinta”).

Sementara gairah seks dan nafsu untuk seks dapat datang selama proses percintaan yang dihasilkan oleh kadar testosteron yang meningkat, baik pada pria maupun wanita. Semakin tingginya kadar testosteron menginspirasi perasaan yang terfokus pada perhatian dan gairah seksual.

Umumnya, perasaan cinta itu muncul dari daya tarik seseorang. Kaum pria cenderung jatuh cinta dengan wanita dari wajahnya yang cantik. Sementara kaum wanita lebih tertarik dengan pria yang berdompet tebal.

Lalu apakah usia mempengaruhi keinginan untuk seks ?
Laki-laki muda memiliki testosteron 10 kali lebih pada awal 20-an, dan ini adalah puncak dorongan seks mereka. Di sisi lain, dorongan seksual untuk wanita saat berusia akhir 20-an dan awal 30-an.

Semakin menurunnya tingkat testosteron pada pria cenderung membuat mereka lebih mengasihani. Sebaliknya, dengan menurunnya tingkat estrogen pada wanita seiring dengan usia, mereka akan menjadi lebih tegas.

http://zicoe.com/2011/03/24/perbedaan-antara-cinta-dan-nafsu

...


9 Beda Antara Cinta dan Nafsu

Membedakan cinta sejati dan cinta penuh nafsu sangat perlu dilakukan supaya nantinya perjalanan asmara anda akan berjalan dengan sehat dan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini sangat penting dipelajari oleh cewek dimana pihak cewek yang paling sering dirugikan dalam hal percintaan. Dengan mempelajari ini semoga cewek-cewek nantinya bisa memilih pasangan cinta kalian masing-masing secara tepat tanpa terjebak ke dalam cinta palsu yang terkadang hanya menginginkan sesuatu yang dia inginkan dari kalian. Jika keinginan itu sudah dipenuhi maka dia akan jauh-jauh pergi meninggalkan kalian. Sering sekali kita mendengar ada orang bertanya :

" Apa perbedaan antara cinta dan nafsu ? "
" Bagaimana membedakan antara cinta dan nafsu?' atau yang lebih parah
" Cinta dan nafsu itu sama nggak sih ? "

Bagi sebagian orang, mereka mengatakan cinta dan nafsu itu sama saja. Tapi tidak menurut saya. Buat saya pribadi cinta dan nafsu jelas dua hal yang berbeda. Meski perbedaannya sangat tipis, mungkin itu yang membuat orang sering terkecoh, tidak bisa membedakan mana nafsu, mana cinta..?
Nah bagaimana sih membedakan antara cinta sejati dan cinta penuh nafsu ?

1. Cinta Sejati Tidak Sama dengan Nafsu
Cinta dan nafsu sering kali membingungkan kita. Sebenernya, kebanyakan tema film, lagu, novel bukanlah tentang cinta, melainkan nafsu. Bagaimana membedakanya?
Cinta tahan uji, . . . nafsu mudah luntur . . .
Cinta menghargai . . . nafsu memanfaatkan . . .
Daya tarik fisik sering kali menjadi satu sinyal awal dari tumbuhnya Cinta sejati, tapi itu belum jadi cinta sejati.

2. Cinta Tidak Sama Dengan Keromantisan
Perasaan romantis memang luar biasa dalam hubungan dekat antara pria dan wanita. Tuhan memang merancang agar kita mengalami perasaan seperti ini dalam hubungan istimewa dengan lawan jenis. Namun gairah dan kehangatan romansa tidak dapat disamakan dengan cinta. Keromantisan merupakan suatu perasaan; sedangkan cinta sejati masih memiliki makna yang jauh lebih dalam lagi.

3. Cinta Sejati Tidak Sama Dengan Tergila-gila
Perasaan tergila-gila adalah daya tarik dan gairah yang kuat dalam diri seseorang terhadap lawan jenisnya. Kamu akan memikirkan dia siang dan malam. Pikiranmu tersita oleh orang itu sehingga kau tidak dapat berkonsentrasi pada hal yang lain. Kata lain dari persaan tergila-gila ialah puppy love atau cinta monyet. Jatuh cinta atau cinta pandangan pertama biasanya mereka berbicara ttg perasaan tergila-gila…

4. Cinta Sejati Tidak Sama Dengan Seks
Cinta merupakan proses ; seks merupakan suatu tindakan. Cinta bisa dipelajari; seks merupakan naluri. Cinta membutuhkan perhatian terus menerus; seks tidak perlu seperti itu. Cinta membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi dewasa; seks tidak perlu waktu untuk berkembang. Cinta membutuhkan interaksi emosional dan rohani; seks hanya membutuhkan interaksi fisik. Cinta membuat hubungan makin dalam; seks tanpa cinta membuat hubungan jadi renggang.

5. Cinta itu Membahagiakan, Nafsu itu Membahaykan
Cinta yang sebenarnya selalu menunjukkan jalan atau arah menuju kebahagiaan bagi orang-orang yang menjalaninya. Seorang pecinta yang sudah menemukan dan memahami makna cinta sejati dalam dirinya akan berada pada kondisi yang membahagiakan. Sebaliknya, orang-orang yang terkecoh dengan nafsu dan menganggap nafsu adalah cinta akan berada dalam kondisi yang membahayakan. Kita tidak bisa memungkiri, di mana ada kebaikan, di situlah setan menggoda manusia agar terjerumus ke dalam keburukan.
Cinta dan nafsu seperti dua sisi dari mata uang yang sama. Cinta adalah sisi positif, nafsu adalah sisi negatif dan uang itu adalah hubungan. Seseorang yang mencintai pasangannya dengan sebenar-benarnya cinta akan mengarahkan hubungannya menuju kebahagiaan sejati dengan cara menjaga dan menyayangi pasangannya. Tanpa bermaksud untuk merusak dan menyakiti. Lain halnya dengan orang-orang yang menjalin hubungan dengan landasan nafsu, mereka akan membawa hubungannya kearah kebahagiaan yang semu dan hanya berorientasi pada fisik, dalam hal ini sex. Yang justru akan menjerumuskan mereka ke dalam situasi yang membahayakan.
Coba deh, kita meluangkan waktu untuk berfikir sejenak. Apakah hubungan yang sedang kita jalani dengan pasangan sekarang ini berorientasi pada kebahagiaan sejati atau hanya kebahagiaan duniawi yang semu..? Hanya kamu yang tahu jawabannya.

6. Cinta Bikin Kita Ketawa, Nafsu Bikin Kita Kecewa
Kalau diibaratkan hubungan seperti sawah, maka cinta adalah padi dan nafsu adalah rumput liar. Nah, ketika ketika seseorang menanam padi (cinta) di sawah (hubungan) maka secara otomatis akan tumbuh juga rumput liiar (nafsu). Kalau orang itu sudah mengetahui dan memahami apa itu padi (apa itu cinta), maka dia akan segera memangkas rumput liar itu (nafsu) yang tumbuh di sawahnya (hubungan). Ketika tiba masa panen, orang ini akan menuai hasil sawahnya (hubungan) yang ditanami padi (cinta) itu tadi berupa buah padi (kebahagiaan). Lain dengan orang-orang yang terkecoh yang menyangka rumput liar (nafsu) sebagai padi (cinta). Mereka akan memelihara rumput liar (nafsu) dan tanaman padinya (cinta) akan mati. Pada saat panen, tentu yang mereka dapat hanyalah sekarung rumput liar (nafsu) yang tidak enak dimakan (kekecewaan).
Di sinilah kita perlu bertanya kepada hati kita sendiri, apakah hubungan yang kita jalani dengan pasangan sudah bisa membuat kita ketawa atau hanya serangkaian kekecewaan yang kita dapat..? Kalau yang kita dapat hanya kecewa dan kecewa, ada baiknya untuk kita mengkaji ulang, apakah apakah hubungan yang kita jalani berlandaskan cinta atau nafsu..?

7. Cinta Selalu Ingin Memberi, Nafsu Hanya Ingin Diberi
Saya rasa maksud dari poin ketiga ini sudah jelas. Cinta adalah memberi. Ketika seseorang menjalin hubungan atas dasar cinta maka hal pertama yang dilakukannya adalah memberikan yang terbaik kepada pasangannya, bukan ingin diberi. Logikanya, kalau kita dan pasangan sama-sama ingin memberi (kita ingin memberi kepada pasangan dan pasangan ingin memberi kepada kita) secara otomatis keduanya akan menerima. Tapi kalau kita dan pasangannya inginnya diberi (pasangan ingin diberi dan kita juga ingin diberi) lalu siapa yang akan memberi..? Pada akhirnya yang terjadi justru tidak ada yang akan diberi karena tidak ada yang ingin memberi. Coba dipikirkan lagi..!

8. Cinta Ingin Menyayangi, Nafsu Ingin Menggerayangi
Hayo...!!!!
Bagaimana cara kamu memperlakukan pasanganmu?
Dan bagaimana cara pasanganmu memperlakukan kamu?
Ini adalah cara termudah untuk membedakan mana cinta, mana nafsu..?
Landasan seseorang dalam menjalin hubungan akan sangat menentukan pada bagaimana cara orang tersebut memperlakukan pasangannya. Orang yang menjalin hubungan dengan landasan cinta akan senantiasa memperlakukan pasangannya dengan cara-cara yang baik. Menjaga, menyayangi, memperhatikan dan selalu memberikan yang terbaik. Sebaliknya orang orang yang menjalin hubungan karena nafsu cenderung memperlakukan pasangan ke arah fisik. Setiap kali bertemu, inginnya menciumi dan diciumi, setiap kali berdua inginnya dipeluk dan memeluk, digerayangi dan menggerayangi, dan yang lebih parah lagi kalau sampai kearah hubungan sex. Waaaah..., bahaya, bahaya...!!!

9. Cinta Yang Terbaik, Nafsu Yang Terbalik
Cinta selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, berusaha memberikan yang terbaik untuk pasangan dan selalu memperlakukan pasangan dengan cara-cara yang baik. Bagaimana dengan nafsu ... ? Sebaliknya, nafsu

Nah, semoga bahasan di atas bisa memberi kita sedikit gambaran mengenai selalu ingin diberi dan cenderung memperlakukan pasangan ke arah yang menyesatkan. perbedaan antara nafsu dan cinta. Sehingga kita semua tidak terjerumus kedalam hubungan yang penuh nafsu.

http://www.iniunik.web.id/2011/07/9-beda-antara-cinta-dan-nafsu.html